Tidak ada komentar

Perjalanan Panjang Window Dari Masa Ke Masa

Microsoft telah resmi meluncurkan Windows 10, sebagai sistem operasi baru sejak tahun 2015 silam. Kehadiran Windows 10 memang sangat dinantikan, pasalnya banyak masyarakat yang penasaran seperti apa tampilan yang akan diluncurkan.

Pada Windows 10, ternyata fitur start yang sempat hilang di Windows 8 dimunculkan kembali. Selain itu, terdapat beberapa penambahan teknologi virtual lainnya. Dilansir dari brilio.net dan beberapa sumber lainnya, berikut kami rangkum perjalanan Windows dari masa ke masa.

1. Windows Chicago

Windows Chicago merupakan sistem operasi Windows yang pertama kali diluncurkan. Pada sistem ini telah menyediakan beberapa fitur dasar seperti Start Menu, Taskbar dan My Computer.

2. Windows 95

Windows 95 telah menggunakan 32 bit architecture dan diluncurkan pada 24 Agustus 1995. Menu utama dalam menjalankan sistem ini adalah Start Menu. Sebab, di dalam Start Menu terdapat app launcher, settings, search dan recent documents.

3. Windows NT 4.0

Windows NT 4.0 memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Versi ini dikhususkan untuk kepentingan bisnis, sehingga tidak terlalu dikenal oleh pengguna umum.

4. Windows 98

Windows 98 mengalami perkembangan dan peningkatan kualitas. Pada versi ini telah ditambahkan folder Favorites, dan memperkenalkan fitur right click yang mempermudah penggunanya.

5. Windows 98 Second Edition

Windows 98 Second Edition merupakan seri kedua dari Windows 98. Pada versi ini terdapat menu baru yaitu klik kanan desktop “Sort by Name” yang berfungsi untuk mengurutkan Shortcut sesuai abjad.

6. Windows ME

Windows ME adalah perkembangan Windows terakhir di tahun 90-an. Penggunaan nama ME dipakai untuk menyambut abad ke-21, ME merupakan singkatan dari Millenium Edition.

7. Windows 2000

Windows 2000 memiliki tampilan yang hampir sama dengan Windows ME. Namun, fitur di dalam Windows 2000 telah menggunakan NT 5.0 dan telah support DirectX.

8. Windows XP

Windows XP merupakan versi Windows yang banyak digunakan oleh pengguna komputer. Meski saat ini sudah ada Windows 10, namun beberapa orang masih nyaman menggunakan Windows XP. Tampilan Windows XP lebih fresh dan minimalis dibandingkan dengan versi sebelumnya.

9. Windows Vista

Windows Vista sering disebut produk gagal. Versi ini berusaha memberikan sentuhan dengan memodifikasi Windows XP dari segi tampilan. Namun, banyak pengguna yang lebih nyaman dengan tampilan minimalis dari Windows XP.

10. Windows 7

Windows 7 menjadi sistem operasi favorite yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Memiliki tampilan yang hampir sama dengan Windows XP, hanya saja menu Shutdown telah diganti dengan teks. 

11. Windows 8

Windows 8 muncul dengan perubahan tampilan dari Windows 7. Pada Windows 8 Start Menu tidak lagi ditampilkan. Hal ini membuat beberapa user merasa lebih repot ketika mencari fitur lainnya.

Itulah sejarah perkembangan Windows dari masa ke masa yang selalu berusaha untuk memperbaiki kualitasnya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed