Tidak ada komentar

Sejarah Lahirnya Internet di Dunia dan Perkembangannya

Segala aspek kehidupan manusia saat ini tidak terlepas dari peranan internet. Internet telah menjadi suatu hal yang sangat penting dan tidak bisa ditinggalkan.

Kini hampir semua orang di seluruh pelosok negeri sudah mengenal dan menggunakan internet. Sebelum bisa digunakan dengan mudah seperti sekarang ini, internet memiliki sejarah yang cukup panjang. Dilansir dari detik.com berikut ini sejarah lahirnya internet di dunia dan perkembangannya.

Tahun 1969

Sejarah internet dunia dimulai pada tahun 1969. Para peneliti di Universitas California (UCLA) membangun proyek proyek ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika. 

Pada mulanya proyek ini hanya menghubungkan 4 komputer dan berkembang menjadi 13 komputer. 

Tahun 1971

Jaringan ARPANET kemudian dikembangkan untuk mengirimkan surat elektronik atau email. Bahkan Ratu Inggris juga mencoba mengirim email dengan jaringan ARPANET.

Tahun 1983

Para peneliti terus melakukan penelitian untuk mengembangkan internet menjadi jaringan yang lebih luas. Pada tahun ini, TCP/IP mulai diterapkan pada jaringan internet agar memiliki cakupan yang lebih luas.

Tahun 1990

Pada tahun 1990 ini, World Wide Web (www) diciptakan pertama kali oleh Berners-Lee. Tujuannya adalah memudahkan pengguna internet untuk menelusuri sebuah situs website.

Perkembangan internet semakin pesat, hingga pada 1993 muncul search engine pertama yang diberi nama, Mosaic. Setelah itu muncul Yahoo sebagai penyedia layanan email. Kemudian pada 1998, muncul Google disusul dengan perusahaan atau situs online lainnya.

Tahun 2000-an

Sejak tahun 2000, pengguna internet menjadi semakin banyak. Kemudian banyak bermunculan perusahaan berbasis internet mengenalkan jejaring sosial. Seperti misalnya Facebook yang mulai dikenalkan sejak 2003 dan digunakan sebagai media untuk menghubungkan para mahasiswa Harvard University.

Facebook berkembang pesat pada tahun 2010 dengan memiliki 400 juta pengguna. Setelah itu, banyak bermunculan jejaring media sosial lainnya seperti Twitter, Instagram, dan yang lainnya.

Instagram juga mengikuti jejak Facebook menjadi media sosial yang populer dengan 400 juta pengikut aktif pada 2015. Instagram banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh negara di dunia.

Kemudian pada 2016, perusahaan raksasa Google meluncurkan inovasi berupa Google Assistant. Fitur ini dapat membantu pengguna yang ingin melakukan pencarian dengan cepat. Pengguna tidak perlu mengetik keyword namun cukup dengan menggunakan perintah suara.

Internet telah mengalami perjalanan yang cukup panjang. Dari awalnya hanya terdiri dari beberapa komputer saja hingga akhirnya dapat menyebar ke seluruh dunia.

Kini setiap orang bisa mudah mengakses dan menggunakan internet. Selain itu, juga telah banyak situs yang bisa diakses dengan berbagai macam fungsi. Ada yang digunakan sebagai media hiburan, menambah informasi, untuk keperluan bisnis dan lainnya.

You might also like
Tags: , , ,

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed