Tidak ada komentar

Mengenal Neil Amstrong, Orang Pertama yang Menginjakan Kaki di Bulan

Sebuah misi luar angkasa telah berhasil dijalankan pada Juli 1969. Misi tersebut adalah penelitian dan pendaratan langsung di bulan, yang merupakan satu-satunya satelit alami yang dimiliki oleh bumi.

Misi tersebut dijalankan oleh Amerika Serikat. Ketika itu presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy mengirimkan manusia pertama untuk mendarat di Bulan.

Dalam menjalankan misi tersebut menggunakan pesawat luar angkasa Apollo 11, dan ditumpangi oleh Neil Armstrong, Buzz Aldrin, dan Michael Collins. Neil Armstrong ditunjuk sebagai komandan memimpin pelaksanaan misi pendaratan manusia di bulan.

Neil Armstrong kemudian berhasil mencetak sejarah sebagai orang pertama yang berhasil menginjakkan kaki di Bulan. Peristiwa ini berhasil menjadi lompatan penting dalam sejarah dan ilmu pengetahuan meskipun banyak orang yang meragukan keberhasilan misi pendaratan manusia di Bulan tersebut.

Lalu siapakah sebenarnya Neil Armstrong? Melalui pembahasan artikel ini, Anda akan dapat mengenal Neil Armstrong, orang pertama yang menginjakkan kaki di Bulan.

Biografi Singkat Neil Armstrong

Dilansir dari Wikipedia, Neil Armstrong memiliki nama lengkap Neil Alden Armstrong. Ia lahir pada tanggal 5 Agustus 1930. 

Neil Armstrong dikenal sebagai seorang astronot, pilot uji coba, teknisi penerbangan, profesor universitas, dan Penerbang Laut Amerika Serikat. Sebelum menjadi seorang astronot, Neil Armstrong merupakan seorang perwira Angkatan Laut Amerika Serikat. Ia pernah bertugas dalam menjaga keamanan saat terjadi perang di Korea.

Setelah pulang dari tugasnya di Korea, Neil Armstrong kemudian menjadi pilot uji coba di Stasiun Penerbangan Kecepatan Tinggi Komite Penasihat Penerbangan Nasional. Yang sekarang berubah nama menjadi Pusat Penelitian Penerbangan Dryden. Ia berhasil melakukan penerbangan sebanyak 900 kali di tempat tersebut.

Neil Armstrong tercatat sebagai lulusan Universitas Purdue dab Universitas California Selatan. Selain itu, ia juga mengikuti program penerbangan antariksa manusia Man In Space Soonest Angkatan Udara Amerika Serikat dan X-20 Dynasoar. Pada 1962 Neil Armstrong mulai bergabung dengan Korps Astronaut NASA.

Neil Amstrong berhasil melakukan penerbangan antariksa pertamanya pada 1966 yaitu misi Gemini 8 NASA. Ia bertugas menjadi pilot komandonya. Tujuan dari misi ini, adalah melakukan perapatan dua wahana antariksa berawak pertama bersama pilot David Scott.

Kemudian, pada 20 Juli 1969 Neil Armstrong bersama Buzz Aldrin dan Michael Collins melaksanakan misi pendaratan bulan dengan menggunakan Apollo 11. Neil Armstrong dan Buzz Aldrin berhasil turun dan menginjakkan kaki di bulan. Mereka melakukan penjelajahan di Bulan selama kurang lebih 2,5 jam. Sementara Michael Collins tetap di orbit di dalam Modul Komando.

Atas prestasinya tersebut, Neil Armstrong mendapatkan berbagai macam penghargaan. Diantaranya mendapatkan hadiah berupa Medali Kebebasan Presiden dari Presiden Richard Nixon bersama Collins dan Aldrin, Medali Kehormatan Antariksa Kongres dari Presiden Jimmy Carter tahun 1978, dan Medali Emas Kongres tahun 2009.

Misi pendaratan di Bulan tersebut merupakan penerbangan antariksa terakhir yang dilakukan oleh Neil Armstrong. Kemudian pada tanggal 25 Agustus 2012, ia meninggal dunia karena komplikasi dari penyumbatan arteria koroner.

You might also like
Tags: , , ,

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed