Tidak ada komentar

Peristiwa Paling Bersejarah Bagi Umat Manusia yg Terjadi di Bulan Muharram

Muharram merupakan bulan pertama dalam sistem penanggalan hijriah. Dalam Islam, Muharram juga disebut sebagai bulan yang sangat istimewa. Pasalnya dalam bulan Muharram terdapat beberapa peristiwa penting yang bersejarah bagi umat muslim.

Keistimewaan bulan Muharram juga disampaikan di dalam Al Quran surat At Taubah ayat 36. dilansir dari laman NU Online, berikut peristiwa penting dalam sejarah Islam yang terjadi pada bulan Muarram.

Untuk yang ingin tahu di bulan Muharram ada beberapa puasa Sunnah yang dapat dilakukan, cek jadwal Puasa Sunnah di bulan Muharram di sini, seperti puasa sunnah Tasua, Asyura dan Ayyamul Bidh.

1. Bertaubatnya Nabi Adam AS, kepada Allah SWT

Peristiwa penting pertama yang terjadi pada bulan Muharram adalah bertaubatnya Nabi Adam AS, atas semua dosa-dosanya kepada Allah SWT. Nabi Adam AS, dan Hawa melakukan sebuah dosa besar dengan memakan buah khuldi, karena tertipu oleh godaan setan. 

Akibat hal tersebut mereka dihukum, dikeluarkan dari surga dan diturunkan ke bumi. Nabi Adam AS, bertobat dan terus memohon ampunan kepada Allah SWT. Pada bulan Muharram, doa Nabi Adam AS, mendapat ampunan dari Allah SWT.

2. Diangkatnya Derajat Nabi Idris AS, oleh Allah SWT

Nabi Idris AS, merupakan salah satu utusan Allah untuk menyampaikan kebaikan dan kebenaran kepada kaumnya. Beliau adalah manusia kedua yang memperoleh gelar nabi setelah Adam AS. Selain itu, Nabi Idris AS, merupakan manusia pertama yang memiliki keahlian dalam menulis dan membaca. 

Nabi Idris diangkat derajatnya oleh Allah SWT pada bulan Muharram, setelah beliau merasakan sakitnya sakaratul maut dan melihat betapa mengerikanya neraka. Hal tersebut tertuang di dalam Al Quran Surat Maryam 56 & 57.

3. Nabi Nuh dan Pengikutnya Selamat dari Banjir Besar

Peristiwa penting selanjutnya yang terjadi pada bulan Muharram adalah selamatnya Nabi Nuh AS, dan para pengikutnya yang bertaqwa kepada Allah SWT. Diketahui bahwa Nabi Nuh AS telah berdakwa selama 950 tahun. 

Dalam waktu yang sangat lama tersebut, beliau hanya memiliki 80 orang pengikut. Bahkan istrinya sendiri tidak taat terhadap perintah Nabi Nuh AS. Suatu ketika Allah SWT menciptakan banjir yang sangat besar. 

Semua orang tenggelam karena peristiwa tersebut, termasuk anak dan istri dari Nabi Nuh AS. Namun, Nabi Nuh AS dan kaumnya yang taat kepada Allah SWT selamat dengan menaiki perahu. Peristiwa ini dijelaskan dalam QS Nuh:26.

4. Nabi Ibrahim AS Diselamatkan dari Api oleh Allah SWT

Nabi Ibrahim AS lahir pada zaman kepemimpinan Raja Namrud, ia dikenal sebagai sosok raja yang menyembah berhala, matahari dan juga api.

Suatu hari Nabi Ibrahim AS menghancurkan semua berhala, kecuali yang paling besar. Mengetahui hal tersebut, Raja Namrud sangat marah dan memerintahkan anak buahnya untuk menangkap Nabi Ibrahim AS.

Nabi Ibrahim AS dibakar hidup-hidup, namun atas kehendak Allah SWT, api tersebut menjadi dingin dan Nabi Ibrahim selamat. Peristiwa tersebut, terjadi pada bulan Muharram.

sumber gambar: pb.twimg.id

You might also like

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed