Tidak ada komentar

5 Peristiwa Penting di Dunia yang Terjadi di Bulan Agustus

Bulan Agustus merupakan bulan yang penuh dengan berbagai sejarah di dunia. Banyak peristiwa penting yang terjadi pada bulan Agustus. Meski tidak semua peristiwa tercatat dalam kalender Nasional. 

Selain peristiwa Kemerdekaan Indonesia, pada 17 Agustus 1945 terdapat peristiwa lain yang memiliki makna atau sejarah masing-masing. Dilansir dari laporan media Jabodetabek.com berikut lima peristiwa penting di dunia yang terjadi pada bulan Agustus.

Peristiwa Penting di Dunia yang Terjadi di Bulan Agustus

Inilah 5 peristiwa penting di dunia yang terjadi di bulan agustus

1. Perang Dunia I Inggris dan Ottoman

Pada tanggal 3 Agustus 1916, terjadi peristiwa penting yaitu perang antara Kerajaan Inggris dengan Kerajaan Ottoman. Seperti yang kita ketahui bahwa Perang Dunia I terjadi sekitar akhir Juli hingga awal November 1918. Namun, yang berlangsung pada bulan Agustus adalah peperangan antara Inggris melawan Ottoman.

2. Meletusnya Gunung Asama, Jepang

Pada bulan Agustus, terjadi peristiwa bersejarah bagi negara Jepang yaitu meletusnya Gunung Asama. Kejadian tersebut berlangsung pada 3 Agustus 1783. Akibat meletusnya Gunung Asama tersebut, terdapat korban yang meninggal dunia sebanyak 35 ribu jiwa. 

Gunung Asama merupakan salah satu gunung yang aktif dengan catatan letusan yang panjang. Letusan Gunung Asama mengakibatkan hujan abu di beberapa wilayah metropolitan yaitu Tokyo.

3. Christopher Columbus Pertama Kali Berlayar

Christopher Columbus merupakan seorang penjelajah dunia yang paling terkenal. Siapa sangka ia memulai perjalanannya untuk berlayar pertama kali pada 3 Agustus 1492. 

Ia memulai perjalanannya dari Spanyol dengan tiga kapal yaitu Nina, Pint, dan Santa Maria. Christopher Columbus mulai menjelajahi dunia untuk menemukan harta karun yang berupa emas, rempah-rempah dan yang lainnya.

4. Gencatan Senjata Indonesia dan Belanda

Pada 3 Agustus 1949 terjadi peristiwa gencatan senjata antara Indonesia dengan Belanda. Peristiwa tersebut terjadi setelah lebih dari tujuh bulan melakukan peperangan. 

Gencatan senjata ini menjadi akhir dari perang kemerdekaan Indonesia. Belanda dan Indonesia berhasil menyelesaikan permasalahan sengketa dan pengakuan kedaulatan dalam Konferensi Meja Bundar.

5. Ditetapkannya Presiden Soeharto Sebagai Tersangka Korupsi

Menurut sejarah pada 2 Agustus 2000, Presiden Soeharto resmi ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan kasus korupsi. Presiden RI ke-2 tersebut diduga melakukan korupsi dengan menggunakan uang negara untuk 7 yayasan di bawah naungannya.

Demikian lima peristiwa penting di dunia yang terjadi pada bulan Agustus. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.

Sumber gambar: aspirasiku.com

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed