Tidak ada komentar

5 Film Bioskop Pertama Indonesia yang Paling Bersejarah

Di era modern saat ini sangat mudah bagi kita untuk menikmati berbagai film yang ada di bioskop, termasuk film Indonesia. Industri perfilman Indonesia telah mengalami pasang surut sejak pertama kali dirilis pada tahun 1926. 

Awal perfilman Indonesia dimulai sejak berdirinya bioskop Indonesia yang pertama kali di Tanah Abang, Batavia pada 5 Desember 1900. Sejak saat itu, sejarah perfilman Indonesia dimulai.

Film Indonesia Pertama yang Paling Bersejarah

Dilansir dari Laman situs Good News from Indonesia, berikut 5 film Indonesia yang pertama kali tayang dan paling bersejarah.

1. Loetoeng Kasaroeng (1926)

Loetoeng Kasaroeng merupakan film pertama yang diperankan dan diproduksi langsung oleh orang Indonesia. Film ini disutradarai oleh L. Heuveldorp. Meski memiliki kualitas film yang kurang baik, namun film ini menjadi awal hadirnya perfilman di Indonesia. Film ini dibintangi oleh beberapa anak bangsawan di era kolonial.

2. Eulis Atjih (1927)

Eulis Atjih merupakan film kedua di Indonesia setelah film  Loetoeng Kasaroeng. Film ini garap oleh G. Krugers, yang diadaptasi dari novel karya Joehana. Film yang dibintangi oleh aktor Indonesia Arsad dan Soekria ini terbilang sukses di Hindia Belanda atau Indonesia.

3. Lily Van Java (1928)

Lily Van Java atau Melatie Van Java diproduksi oleh Sea Film dan disutradarai oleh Len Roos. Namun, karena beberapa hal akhirnya film ini berada di bawah naungan Wong’s Halimoen Film. Lily Van Java merupakan film panjang pertama yang diproduksi oleh etnis Tionghoa yang berkisah tentang perjodohan seorang perempuan bernama Lily.

4. Resia Boroboedoer (1928)

Resia Boroboedoer atau Secret of Borobudur merupakan film yang diproduksi oleh Nancing Film Corp, dan dibintangi oleh aktris yang berasal dari Shanghai bernama Olive Young. Film ini menceritakan tentang seorang perempuan bernama Young Pei Fen (Olive Young) yang pergi ke Jawa untuk mencari abu suci Budha.

Film ini dianggap sebagai salah satu film yang buruk sebab, menampilkan cerita yang tidak masuk akal. Penonton pada masa itu mempertanyakan bagaimana bisa seorang perempuan Tionghoa yang berbahasa Mandarin, dan tinggal di Sumatera, tiba-tiba berada di Pulau Jawa untuk mencari abu suci Budha.

5. Setangan Berloemoer Darah (1928)

Setangan Berloemoer Darah adalah sebuah film yang diadaptasi dari novel karya Tjoe Hong Bok. Film ini menjadi film indonesia pertama yang menyisipkan adegan laga di dalamnya. 

Film garapan Tan Boen Soan ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Tan Hian Beng. Ia berusaha untuk balas dendam dengan mencari pembunuh ayahnya. Hal ini membuat Tan Hian Beng menjadi sosok dengan dengan karakter dingin. Namun semuanya berubah saat ia menemukan pembunuh ayahnya.

Demikian lima film Indonesia yang pertama kali tayang di bioskop dan memiliki sejarah. Apakah ada yang sudah pernah kamu tonton?

 

You might also like
Tags: , , ,

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed