Tidak ada komentar

Sejarah Awal Masuknya Agama Islam di Indonesia

Islam merupakan agama yang dianut oleh mayoritas penduduk di Indonesia. Awal penyebaran Islam di Indonesia berasal dari beberapa sumber salah satunya adalah kegiatan perdagangan oleh pedagang muslim, Arab. 

Namun, perihal kepastian tentang sejarah masuknya Islam ke Indonesia hingga saat ini masih menjadi sebuah perdebatan. Pasalnya ada yang mempercayai jika Islam masuk pada abad ke-7, namun ada juga yang meyakini Islam baru masuk ke Indonesia pada abad ke-13.

Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia

Beberapa ahli sejarah menyebutkan jika Islam pertama kali masuk ke Indonesia pada abad ke-7. Hal ini didukung dengan adanya bukti berita atau catatan China pada zaman Dinasti Tang. 

Pada catatan tersebut diterangkan bahwa di pantai barat Pulau Sumatera terdapat sebuah desa atau perkampungan bernama Fansur yang dihuni oleh orang-orang Arab. Hal tersebut didukung oleh informasi dari para pedagang Arab dan Persia yang telah mempunyai hubungan dagang dengan kerajaan Sriwijaya di Palembang pada 674 M.

Meski diyakini Islam telah masuk di Indonesia pada abad ke-7. Namun, penyebarannya terjadi sekitar abad ke-12. Awalnya Islam diperkenalkan oleh pedagang-pedagang Arab yang datang ke Indonesia. Kemudian penyebarannya diteruskan oleh para ulama melalui dakwah.

Bukti kuat perkembangan atau penyebaran Islam dimulai sekitar abad ke 11 atau 12 adalah ditemukannya nisan Fatimah binti Maimun di Leran, Gresik pada tahun 1082 M. Selain itu, terdapat batu nisan khas Gujarat di nisan salah satu tokoh ulama yang terkenal yaitu Maulana Malik Ibrahim.

Seiring waktu berjalan, penyebaran Islam semakin luas pada abad ke-13 di wilayah Sumatera. Diketahui bahwa pada masa itu, telah terdapat sebuah kerajaan Islam di Samudra Pasai yang menguasai selat perdagangan di wilayah Selat Malaka. 

Selat Malaka memiliki beberapa pelabuhan penting untuk kegiatan perdagangan ekspor lada ke wilayah Gujarat dan Benggala. Penyebaran Islam semakin meningkat saat beberapa orang pedagang Muslim menikahi perempuan di Indonesia.

Selanjutnya pada abad ke-15 penyebaran Islam tidak hanya di Pulau Sumatera, namun ke beberapa wilayah lain di Indonesia. Pada tahun 1430, Dinasti Ming telah berhasil membentuk komunitas Muslim China, Melayu dan Arab yang berada di daerah Jawa. Penyebaran Islam di wilayah Jawa juga tidak lepas dari peran Wali Songo.

 

You might also like
Tags: , , , , , ,

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed