Tidak ada komentar

Perkembangan Teknologi Komunikasi dari Masa ke Masa

Perkembangan teknologi dan komunikasi selalu mengalami perubahan dan perkembangan dari masa ke masa. Mulai dari zaman pra sejarah hingga zaman modern saat ini. 

Perkembangan teknologi dan komunikasi memiliki peranan penting dalam aspek kehidupan manusia. Namun, semua itu tidak terlepas dari sejarah pada masa lalu, hingga mengalami perkembangan yang bisa kita rasakan hingga saat ini.

Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi

Dikutip dari laman Sumber Belajar Kemendikbud, teknologi dan komunikasi untuk menyampaikan informasi telah mengalami perkembangan sejak zaman pra sejarah. 

Awalnya, komunikasi hanya menggunakan isyarat tangan dan suara. Kemudian, berkembang sampai sekarang dengan menggunakan peralatan komunikasi yang lebih modern.

1. Prasejarah 

Pada zaman prasejarah manusia purba menggunakan dinding gua sebagai alat komunikasi dan berbagi informasi. Mereka menceritakan semua pengalaman mereka seperti berburu binatang dan yang lainnya melalui ukiran atau gambaran di dinding. Mereka mengekspresikan berbagai hal dengan manusia lainnya melalui gerakan tangan dan bahasa isyarat lainnya.

2. Sejarah (3000 SM – 1400 M)

Pada zaman ini teknologi komunikasi mulai mengalami perkembangan. Meski proses mengukir atau menggambar melalui gua masih berlangsung. Namun, di beberapa tempat sudah mengalami perubahan, seperti di Mesir.

Bangsa Mesir Kuno mulai menggunakan serat kayu untuk berbagi informasi. Sedangkan di daerah Cina mulai menggunakan serat bambu sebagai kertas, yang dilumuri dengan tinta.

Sementara itu bangsa Persia menggunakan merpati sebagai salah satu alat komunikasi untuk mengantar surat yang terbuat dari serat pohon. Pemilihan merpati sebagai pengantar surat dikarenakan burung jenis ini memiliki daya ingat yang cukup kuat dibandingkan dengan yang lain. 

Penggunaan burung merpati sebagai alat pengantar komunikasi pertama kali digunakan oleh Sultan Bagdad Nurudin. Sampai akhirnya banyak bangsa lain yang menggunakan merpati termasuk bangsa Yunani dan Amerika.

3. Modern (1400M- Sekarang)

Masa modern saat ini perkembangan teknologi informasi semakin canggih. Banyak peralatan yang mendukung untuk memberikan informasi antara satu dengan yang lain. Pada masa modern masyarakat mulai menggunakan koran, telepon, radio, televisi, hingga internet yang memudahkan orang untuk berkomunikasi bahkan di belahan dunia yang terjauh sekalipun.

 

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed